Selasa, 15 Februari 2011

Lowongan Kerja 2011

Tahun baru 2011 memberikan sejuta harapan bagi kita semua termasuk para pencari kerja. Sekarang ini memang bukan hal yang mudah mencari pekerjaan apalagi pekerjaan yang favorite.

Berdasarkan bincang-bincang saya dengan beberapa kawan saya jadi PNS masih menjadi favorite, walau terkenal dengan gaji yang kecil, namun kepastian dalam bekerja menjadi alasan bagi para pencari kerja untuk mendaftar jadi CPNS. Kasus Gayus Tambunan tidak menjadikan orang enggan menjadi CPNS, malah sebaliknya orang beranggapan PNS itu bisa kaya seperti Gayus.

Walaupun penerimaan CPNS sekarang ini belum dibuka, namun ada baiknya bagi anda yang berminat jadi PNS untuk mempersiapkan diri dari sekarang. Kalau kita sudah siap, ketika pendaftaran dibuka maka kita tidak susah-susah lagi mempersiapkan persyaratan. Biasanya yang harus kita persiapkan antara lain:
1.       SKCK dari Polres;
2.       Kartu Kuning (Kartu Pencari Kerja);
3.       Ijazah terakhir yang sudah dilegalisir;
4.       Foto;
5.       Surat keterangan Sehat dari Doketer Pemerintah;
6.       Dll (biasanya syarat lain tergantung Instansi bersangkutan);
Selain persyaratan di atas, kita juga perlu mempersiapkan diri untuk tes tulis. Beberapa hal yang perlu kita persiapkan antara lain:
1.       Kemampuan untuk spikotes (TPU/Tes pengetahuan umum), anda bisa cari bukunya di toko buku dan berlatihlan secara rutin;
2.       Kemampuan Bahasa Inggris.
Saya kira dua materi itulah yang sering menyulitkan peserta waktu tes. Jadi harap dipersiapkan dengan baik.
Jangan percaya pada issue suap (menyuap untuk jadi PNS), terutama pada PNS Pusat. Biasanya penerimaan untuk PNS Pusat ditanganin oleh Biro SDM masing-masing Kementerian. Dan berdasarkan informasi dari temen saya yang bekerja Biro SDM salah satu Kementerian di kantor pusat, pengawasannya ketat dan sulit untuk menyogok. Hal ini didukung juga oleh pernyataan temen saya yang sudah lulus tes CPNS di Tahun 2010 kemaren. Intinya kita harus berprasangka baik aja deh. Suap juga tidak akan terjadi kalau tidak ada yang menyuap.
Untuk sementara itu aja dulu deh. Nanti kalau ada info lagi saya posting lagi J
Terimakasih!


2 komentar:

  1. Blog walking sob, terimakasih atas infonya saya juga mau berbagi peluang jika berkenan, saat ini di butuhkan freelance untuk input data, income 3 s/d 15 juta perminggu di internet, jika daftar sekarang bonus 200ribu, tapi Quota sangat terbatas cuma 200orang, jika Quota terpenuhi maka pendaftaran akan di tutup, salm kenal dan terimaksih

    BalasHapus