Rabu, 26 Januari 2011

Indonesia Pancen Houye

Mungkin masih asing dengan istilah pada judul di atas. Ini merupakan bahasa canton yang artinya Indonesia akan baik-baik saja. Melihat kondisi bangsa Indonesia akhir-akhir ini yang dilanda masalah bertubi-tubi mulai dari bencana alam, kasusu korupsi sampai pada harga cabai yang tak kunjung membaik membuat rakyat kesal terhadap pemerintah yang dianggap lambat dalam merespon setiap issue di masyarakat. Tapi dengan istilah Indonesia Pancen Houye ini membuat kita kembali optimis menatap masa depan yang lebih baik lagi.
Cina dan Indonesai mempunyai kedekatan dan sejarah yang panjang. Dalam berbagai literatur sejarah disebutkan bahwa leluhur bangsa Indonesa berasal dari tanah Tiongkok. Indonesai dan cina sama sama negara yang memiliki luas wilayah yang luas penduduk yang banyak sebagai sumberdaya ekonomi dan juga hasil alam yang melimpah. Tapi sekarang ini memang dari segi ekonomi Indonesia masih ketinggalan dari Cina.

Cina menjelma menjadi Negara Super Power baru yang menjadi saingan negara-negara barat. Menyusul negara asia lainnya yaitu Jepang dan Korea yang sudah terlebih dahulu maju secara ekonomi. Jika dilihat dari perjalanan bangsa Cina, cina bisa sampai maju seperti sekarang ini salahsatunya adalah penegakan hukum di cina yang tegas. Terutama terhadap kejahatan korupsi. Kita sering mendengar di berita kalo ada pejabat cina yang dihukum berat karena tindak pidana korupsi. Ini yang sangat berbanding terbalik dengan kondisi di Indonesia sekarang ini.
Bangsa Indonesia harusnya bisa belajar banyak dari cina tentang bagaimana pemerintah cina memberantas korupsi. Pengakan hukum dan pemberian hukuman yang berat terhadap koruptor memberi efek jera sehingga orang lain  tidak akan berani melakukan kejahatan korupsi ini. Menjelang Tahun baru Imlek ini, mari kita jadikan mementum untuk kebangkitan Bangsa Indonesai seperti  Bangsa Cina. Mari kita berkarya sesuai dengan bidang masing-masing sebaik-baiknya demi kemajuan kita bersama sebagai bangsa. Bukan saatnya lagi kita hanya mementingkan diri sendiri.

Artikel di atas merupakan artikel dalam mendukung kontes SEO Gebyar Lunar Berbagi Dolar yang diselenggarakan mbak Dhana/戴安娜 selaku pencetus dan pemilik website(DhanaArsega.blog,DhanaOnline.com dan CafeBlogging.com)

7 komentar: